PROSEDUR PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN


Berikut ini beberapa langkah yang dapat kita lakukan di rumah atau tempat usaha untuk mencegah terjadinya kebakaran:
• Tidak menyalakan lilin tanpa pengawasan atau meletakkan lilin di dekat bahan yang mudah terbakar seperti buku, tirai, selimut, dsb
• Selalu mengecek apakah kompor gas telah dimatikan sebelum meninggalkan rumah
• Mengecek kondisi kabel listrik untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan karena kulit kabel terkelupas. Pasang pelindung kabel jika di rumah ada hewan peliharaan agar tidak digigit
• Jangan meletakkan kabel di bawah karpet karena materialnya mudah terbakar
• Hindari memasang terlalu banyak perangkat elektronik di dalam satu kabel extension

Berikut ini akan dijelaskan cara menanggulangi kebakaran secara tepat yang perlu Anda ketahui.
1. Berusahalah untuk tetap tenang (jangan panik) ketika tiba-tiba terjadi kebakaran di sekitar Anda.
2. Apabila kebakaran tersebut masih bisa diatasi dengan menggunakan APAR sebaiknya segera gunakan alat tersebut atau bisa juga dengan menggunakan karung goni yang telah dibasahi menggunakan air. Kebakaran skala kecil biasanya bisa diatas dengan menggunakan alat tersebut tetapi pastikan Anda melakukannya dengan segera agar kebakaran tidak semakin menjalar.
3. Apabila ternyata kebakaran tersebut disebabkan oleh adanya konsleting listrik sebaiknya segara matikan saklar utama listrik di rumah Anda.
4. Segera tutup ruangan yang sedang mengalami kebakaran agar tidak menjalar ke ruangan lainnya. Sebaiknya jangan kunci ruangan yang terbakar tersebut agar petugas lebih mudah dalam memadamkan api.
5. Jika kebakaran yang terjadi merupakan kebakaran berskala besar sebaiknya segera selamatkan diri Anda dan keluarga dan langsung berusaha keluar rumah. Hindari kesibukan menyelamatkan barang-barang berharga di dalam rumah karena hal tersebut justru sangat membahayakan nyawa Anda.
6. Pada saat terjadi kebakaran upayakan agar Anda tidak menghirup asap tebal yang muncul dari kebakaran tersebut. Anda bisa berjalan merangkak serta bernafas dengan menundukkan kepala ke lantai. Selaun itu gunakan kain yang basah untuk menutupi hidung Anda sehingga Anda akan lebih mudah ketika bernafas.
7. Menanggulangi kebakaran berikutnya yaitu dengan mencari jalan melalui pintu tetapi dengan menempelkan belakang telapak tangan pada pintu untuk mngetahui suhunya. Selain itu peganglah handle pintu jika sudah terasa panas sebaiknya Anda cari jalur keluar lainnya yang aman dari kobaran api.
8. Lakukan latihan evakuasi kebakaran sebagai bentuk cara menaggulangi kebakaran serta upaya untuk menyelamatkan diri saat kebakaran terjadi.
9. Segera hubungi petugas pemadam kebakaran dengan menelepon pada nomor 112 apabila api memang sudah mulai sulit untuk dikendalikan.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.