Kebakaran Pabrik Payung Tidak Merembet ke Rumah Warga



depok.go.id – Berkat kemahiran dan keterampilan yang dimiliki, anggota Dinas Pemadam Kabakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berhasil memadamkan kebakaran yang terjadi pada pabrik payung, Jalan Tole Iskandar, Sukmajaya, Depok. Api yang besar hingga memusnahkan seluruh bagian pabrik ini namun tidak sampai merembet pada rumah warga.
Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana mengungkapkan begitu pihaknya mendapat laporan dari warga pada pukul 19.50 WIB, dirinya langsung memerintahkan Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan guna mengirimkan anggota langsung ke TKP.
“Sekitar 50 anggota kami turunkan untuk menjinakkan si jago merah, kami berhasil membuat api tidak sampai merambat ke rumah warga,” ujar Gandara Budiana, Sabtu (21/04/2018).
Dijelaskannya selain menurunkan 50 petugas, pihaknya juga mengerahkan hingga 22 unit mobil Damkar yang diantaranya 3 unit berasal dari Kabupaten Bogor, ditambah dengan 6 ranger, dan 1 ambulans. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting panel listrik.
“Penyebab pastinya masih dalam penyelidikan pihak yang berwajib, kita tunggu saja hasilnya,” ucapnya.
Sementara itu Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos mengaku anggotanya menemukan kesulitan saat memadamkan si jago merah. Mulai dari kesulitan menemukan sumber air, hingga banyaknya bahan-bahan yang mudah terbakar di dalam pabrik seperti kain, kardus, dan plastik.
“Manuver mobil unit kita juga susah di lokasi, tetapi hal-hal itu bisa ditangani oleh petugas kami di lapangan,” tuturnya.
Dia pun mengatakan hingga api berhasil dipadamkan tidak ada korban jiwa manusia. Sedangkan untuk kerugian yang diderita hingga kini masih dalam proses kalkulasi.
“Karena saat kejadian kebakaran ini kami belum bertemu dengan pemilik pabrik, sehingga belum bisa bertanya lebih lanjut,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *