Cegah Kebakaran di Bulan Ramadan, Ini Tipsnya



depok.go.id – Bencana kebakaran bisa terjadi kapan saja, termasuk saat bulan Ramadan seperti sekarang ini. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana, juga tidak bosan-bosan mengingatkan warga dengan membagikan tips yang harus diperhatikan untuk mengantisipasi musibah tersebut.
“Kami ingin mengimbau pada warga Depok dalam bulan puasa ini, agar waspada terhadap bahaya kebakaran. Jangan sampai lalai,” ujar Gandara, di kantornya, Jumat (25/05/2018).
Dirinya mengingatkan, jika selesai memasak untuk sahur atau berbuka, warga diimbau tidak lupa mematikan kompor. Begitu pun saat meninggalkan rumah, harus membiasakan diri mematikan listrik atau lampu yang tidak terpakai.
“Yang paling penting anak-anak jangan sampai memainkan petasan, serta menjaga anak-anak memainkan korek api dan barang yang berbahaya lainnya. Apalagi dekat dengan barang yang mudah terbakar,” pesannya.
Namun, kata Gandara, jika sudah terjadi kebakaran kecil warga diminta tidak panik. Dengan menggunakan peralatan yang ada di rumah masing-masing, warga bisa memadamkan sendiri sambil menunggu kedatangan petugas.
“Seperti ketika kompor terbakar, segera matikan dengan kain basah. Bisa menggunakan karung besar atau selimut yang telah dibasahi,” katanya.
Penulis: Nurul Hasanah

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *